Entri Populer

Jumat, 14 September 2012

SNEKER, yuk bikin Japan Club!!

      Saya ngajar bahasa Jepang di SNEKER sejak tahun 2009, dan udah lama banget mendambakan ada Japan Club di sekolah ini. Berhubung waktu ngajar di Jakarta, hampir semua sekolah udah punya tuh Japan Club... jadi kalo ada lomba, bunkasai, pameran atau kegiatan yang berhubungan dengan Jepang, lebih mudah memilih dari siswa yang ikut Japan Club aja... karena mereka pastinya lebih siap dan menguasai materi kan. Jadi kepikiran kapan ya bisa ada Japan Club juga di sekolah ini. Keren kan sekolah mewah (alias mepet sawah) bisa punya Japan Club! Pasti jadi satu2nya di Indramayu deh.
      Apalagi sekarang saat Korea lagi booming begini.... kangen deh masa-masa kejayaan Jepang di Indonesia. Saya inget dulu tiap hari Indosiar selalu muter Dorama(sebutan bagi drama serial TV Jepang) dari jam 6 ampe jam 7 malam. Waktu itu, Tokyo Love Story, True Love,101 Proposal... terkenal banget di sini, terus lagu2 soundtracknya juga populer banget(malahan gara2 nonton dorama ini saya jadi kecemplung di jurusan bahasa Jepang). Sekarang...? Ga da sisanya sama sekali,  tergerus arus Koreanisasi dimana-mana.
      Apa iya Jepang udah abis? Rasa2nya sih masih ada ya Japanese Lovers yang setia... Buktinya Harajuku Style masih diminati, Komik2 Jepang belum ada tandingannya(tapi juga mulai  disaingi komik Korea), dan waktu Laruku konser di Jakarta kemarin dulu... penontonnya masih banyak tuh.
      Kalo di SNEKER gimana?  Ada ga Japanese Lovers sejati? Yang pengen SNEKER punya Japan Club ngacung yuuuuuk...!
      Ini nih beberapa kegiatan yang akan kita lakukan di Japan Club(baru ide aja), kalo ada yang mau nyumbang ide... boleh juga.

1.   Belajar Shodo (kaligrafi huruf Jepang)





2.   Belajar origami (seni lipat kertas, keliatannya remeh tapi sebenernya njlimet juga lo)

 






















3.   Belajar bikin washi ningyo (boneka Jepang dari kertas washi)



















4.   Belajar bikin manga (kalo ada yang ngajarin)
















2 komentar: