Entri Populer

Senin, 27 Agustus 2012

Bahasa Jepang itu susah ya?

"Sensei, bahasa Jepang itu susah yaaaa!"
 Itulah keluhan murid2ku setiap kali baru mulai belajar bahasa Jepang. Namanya belajar, memangnya ada ya bahasa asing yang gampang? Bahasa Inggris aja yang dipelajari dari SD masih banyak kok yang sampai SMA masih salah mengeja namanya sendiri dalam bahasa Inggris, apalagi belajar bahasa Jepang!
Jangan berharap bisa cas cis cus dalam bahasa Jepang ala para tokoh anime dalam tiga empat bulan yaaaa... semuanya bergantung sama seberapa keras usaha dan motivasimu buat belajar. Kan semua ada prosesnya... dan ini harus kamu jalani sebagai sebuah pembelajaran. Mau sukses harus ada kerja kerasnya. Mau bisa juga harus ada usahanya.
Satu hal lagi nih yang penting untuk murid2 SMAku, jangan pernah memilah-milah dan membedakan perlakuan terhadap pelajaran di sekolah, karena kamu sekarang sesungguhnya tidak mengetahui dari sekian banyak ilmu yang kamu terima di sekolah yang manakah yang suatu saat akan berguna untukmu. Apakah Matematika? atau mungkin saja Seni? atau barangkali bahasa Jepang? Who knows?
Tahu ga... mood kamu terhadap suatu mata pelajaran akan sangat mempengaruhi cara kamu belajar lho. Kalo dari awal kamu menganggap bahasa Jepang ga penting, pasti kamu juga belajarnya setengah hati kan?? Dan dari pengalaman bertahun-tahun mengajar, banyak banget murid2 pintar yang lebih suka belajar eksak daripada bahasa, trus kesannya menggampangkan dan menomorduakan gitu deeeeh.... murid kaya gini ni yang suka bikin kita mengelus dada. Banyak lho mantan murid2ku yang setelah lulus SMA kerja di restoran Jepang, hotel, Salon n Spa, lapangan golf atau bahkan yang kerja di perusahaan otomotif dan elektronik asal Jepang yang bilang kalo bahasa Jepang yang mereka pelajari di SMA dulu sedikit banyak bisa membantu pekerjaan mereka.
Jadi camkan ya... semua pelajaran adalah penting!

Indramayu Agustus 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar